Pentingnya Perencanaan Untuk Anak

Assalamu’alaikum wr.wb.
Semoga hari ini lebih sehat, lebih giat berikhtiar, lebih baik lagi ibadahnya dan lebih bahagia dari hari kemarin, aamiin.

Hasil gambar untuk GAMBAR PERENCANAAN anak
Salah satu dari Anda tentu pernah membaca biografi tentang orang-orang hebat atau sukses menjalani pendidikan, karier ataupun keluarga. Bagian terpentingnya adalah mereka memiliki rencana pada kehidupan dan masa depan yang akan mereka raih. Mungkin ada orang yang mengatakan saya sudah merencanakan masa depan anak saya tetapi tetap saja saya tidak melihat mereka sukses. Anda bisa berpikir bahwa Anda saja sebagai orangtua yang membuat perencanaan untuk anak masih belum puas pada hasilnya, lalu bagaimana dengan orangtua yang tidak membuat rencana bagi anaknya?.
Jika kembali berpikir,”ah…biar Allah aja yang menentukan”. Yup, betul banget, Allah Maha Menentukan dan Allah menentukan setelah melihat diri kita mau merubah sesuatu yang memang seharusnya dirubah. Suatu hari saya dan keluarga pergi ke luar kota, ternyata suami saya telah melewati pom bensin di perempatan jalan yang kami lalui. Kami beru setengah perjalanan dan tempat yang dituju masih jauh, lalu apakah kami hanya berdiam diri saja tanpa mencari tahu keberadaan pom bensin lainnya (ikhtiar)?. Tentu saja jawabannya tidak. Kami harus mencari tahu dan mengisi bensi lalu melanjutkan perjalanan kembali. Jika kami hanya berdiam diri, maka kami tak akan pernah sampai tempat tujuan.
Demikian pun dengan kehidupan, jika ada sesuatu yang salah maka buatlah rencana untuk memperbaikinya agar tidak terulang lagi di masa yang akan datang. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi namun Allah memberikan kita pengetahuan, pikiran dan perasaan untuk saling bersinergi dalam membuat perencanaan untuk diri, keluarga bahkan untuk usaha yang saat ini dijalani.
Lalu apa yang harus direncanakan untuk anak-anak?
Contoh sederhana yang biasa terjadi di hadapan kita saat ini adalah membuang sampah sembarang tempat. Di sekolah pendidikan anak usia dini, pembiasaan membuang sampah dimasukkan dalam rencana kegiatan belajar. Ada waktu untuk anak-anak tersebut melakukan “operasi semut” (ungkapan untuk membersihkan ruang kelas) dan memasukkan sampah yang ditemukan ke dalam tempat sampah yang telah tersedia. Pembiasaan yang terlihat sebagai hal kecil namun dampak pembiasaan itu akan terbawa sampai anak-anak tersebut dewasa. Mereka akan terbiasa membuang sampah pada tempat sampah dan dibutuhkan sinergi yang total antara orangtua dan sekolah atau antara anggota keluarga.
Anak Anda yang berusia dini merupakan sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya dan sangat dianjurkan bila dalam proses tersebut ada peran (rencana) orangtua.
Contoh Perencanaan 1 Bulan
Tema : Aku Dapat Mandiri


Semoga memberi pencerahan dan kebermanfaatan.

Wiwik Suryandarini
Guru RA
Author Oase Cinta Di Pinggiran Jakarta
Promotor Lisenced Tes Kecerdasan STIFIN
Jl. Mampang Prapatan XIII Rt,05/03 No. 60 Jakarta Selatan
081290744451
@wiwik_wsurya74
IG : wiwik_gurindam

0 Response to "Pentingnya Perencanaan Untuk Anak"

Posting Komentar