Arti Apresiasi Bagi Anak


Assalamu’alaikum wr.wb.


Hasil gambar untuk gambar kasih sayang orangtua 
Terima kasih telah berkenan membaca tulisan saya pada hari ini dan semoga berkenan pula melihat tulisan-tulisan berikutnya. Ucapan terima kasih ini saya ucapkan sebagai apresiasi ketulusan teman-teman bersedia berteman di media sosial ini.

Bicara mengenai apresiasi, apakah teman-teman sebagai orangtua atau guru suka memberikan apresiasi kepada anak?.

Menurut saya, hal yang wajar apabila orangtua atau guru mengharap anak-anaknya meraih prestasi tertinggi. Namun, di balik ekspektasi itu, anak juga berhak mendapatkan bentuk apresiasi atas usahanya. Apresiasi tidak berdasar perbandingan, melainkan berdasar nilai yang terkandung, karakter, keluasan/kedalaman suatu hal. Meski anak juga tetap harus diajarkan mengenai kegagalan.

Apresiasi adalah bentuk ungkapan seseorang kepada orang lain karena hal baik yang telah orang tersebut lakukan. Anak-anak sebagai orang terdekat dengan kita juga butuh diapresiasi sehingga mereka termotivasi untuk terus melakukan hal yang baik. Sekecil apapun progres yang dilakukan anak, pantas untuk diberikan apresiasi. Agar anak mengerti bahwa hal tersebut adalah perilaku yang benar, lalu kemudian anak berhasrat untuk mengulanginya lagi, seperti membereskan meja belajar dan maianannya sendiri, merapikan tempat tidur dan membuang sampah pada tempatnya merupakan hal yang mungkin orangtua anggap kecil, karena merasa itu adalah wajar dilakukan sehari-hari tanpa disuruh. Tetapi tanpa diapresiasi anak akan merasa tidak ada gunanya ia melakukan hal-hal baik tersebut jika orangtuanya tidak memberikan perhatian sama sekali.

Apresiasi bisa diberikan dalam bentuk pujian, pelukan, ucapan selamat, ucapan terima kasih ataupun ungkapan kebanggaan. Ketika seseorang menerima apresiasi dari orang lain, akan timbul perasaan puas, bangga, lega, menjadi penting dan merasa berguna. Lalu kemudian berpikir untuk menghentikan hal yang dianggap tidak baik, karena menilai bahwa melakukan hal-hal baik rasanya jauh lebih menyenangkan. Jadi apresiasi jelas penting dalam membentuk tingkah laku anak yang baik.

Yuk mulai sekarang hadirkan selalu diri Anda dan berikan apresiasi yang dapat menyentuh dan mengembirakan hatinya sehingga ia pun dapat memberi rasa gembira pada lingkungan atas hadirnya.

Wassalam


Wiwik Suryandarini
Kepala RA
Promotor Licenxed Tes STIFIN
Founder Yayasan Shifa Safitri dan Rumah Tahsin Shifa Bekasi
www.arenapaud.blogspot.com
@wiwik_wsurya74










0 Response to "Arti Apresiasi Bagi Anak"

Posting Komentar