Konseling Anak Berbakat

Assalamu’alaikum wr.wb.
Semoga di hari kedua di bulan puasa ini teman-teman guru dan para orangtua hebat dalam keadaan sehat, aamiin.


Tulisan di hari ini kita akan mendiskkusikan tentang bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan terkadang ditemui hanya diberikan pada anak yang bermasalah seperti anak yang sering menangis di kelas, anak yang membantah guru dan anak-anak yang “dianggap” membuat masalah. Padahal bimbingan dan konseling dapat diberikan pada anak yang berpotensi, namun hal tersebut jarang dilakukan sehingga anak tersebut menjadi abai akan potensi dirinya.

Mengapa bimbingan dan koseling harus dilakukan juga terhadap anak yang berpotensi kecerdasan dan bakat istimewa?
Berikut beberapa masalah yang menyebabkan anak memiliki potensi kecerdasan dan bakat yang istimewa memerlukan bimbingan dan koseling:
1.    Masalah dengan teman sebaya
Hal ini terjadi karena anak tersebut memiliki tujuan dan minat yangn sangat berbeda dengan anak sebayanya, sehingga membutuhkan bimbingan sehingga mereka dapat diterima oleh lingkungan, khususnya teman sebaya.
2.    Masalah dengan guru dan orangtua
Hal ini terjadi karena terkadang sebagai orangtua maupun guru sulit untuk menyadari bahwa kecerdasan emosional tidak selalu tumbuh secara bersamaan dengan kecerdasan intelektual sehingga menyebabkan mereka selalu berharap banyak terhadap anak.
3.    Masalah mengambil keputusan
Anak berbakat memiliki kemampuan dan minat di banyak bidang, sehingga terkadang sulit membuat keputusan untuk menentukan dalam bidang mana ia harus focus menekuninya. Hal ini yang membuat mereka membutuhkan bimbingan dan koseling baik dari orangtua maupun guru bahkan dapat menemui konselor yang ahli di bidangnya.
4.    Masalah kerjasama.
Masalah ini terjadi karena anak yang berbagat amat responsive terhadap persaingan akademis dalam bentuk angka, kontes dan beasiswa. Motivasi yang tinggi untuk berkompetisi perlu diimbangi motivasi untuk mau bekerja sama dengan teman atau oranglain.
5.    Masalah perasaan
Anak berbakat sering terkendala pada perasaan kesepian dan terisolasi akibat adanya gaya belajar mereka yang mandiri dan terkadang sikap serta prilaku tidak sesuai dengan nilai dan kaidah yang berlaku.

Bimbingan dan konseling yang diberikan kepada anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa bertujuan untuk membantu anak mengenali dan memahami diri dan mengarahkan dengan tepat pada lingkungannya. Hal ini dibutuhakan karena mereka mempunyai karakter tertentu yang memerlukan pelayanan yang tepat.

Semoga memberi pencerahan dan kebermanfaatan.

Wwik Suryandarini
Potential Development Teacher
Sekretaris PD IGRA Jakarta Pusat
Author Oase Cinta Di Pinggiran Jakarta
Promotor Lisenced Tes Kecerdasan STIFIN
Jl. Mampang Prapatan XIII Rt,05/03 No. 60 Jakarta Selatan
081290744451
@wiwik_wsurya74
IG : wiwik_gurindam

Ingin tulisan seputar anak di bulan ramadhan ini di email? Silahkan japri yah, trims

#yayasanshifasafitri
#rumahshifa
#potentialdevelopmentteacher

Sumber tulisan :
Buku Model Pelayanan Pendidikan Kemendikbud dan Buku Pemanduan Anak Bebakat oleh Utami Munandar
Sumber gambar : Google

0 Response to "Konseling Anak Berbakat"

Posting Komentar