KEGIATAN PENGENALAN MATEMATIKA
Menurut
Piaget (1972) anak TK berada pada fase perkembangan praoperasional menuju ke konkrit. Anak pada fase tersebut
belajar dari benda nyata. Oleh karena
itu sebagai pengajar dapat mengenalkan bilangan kepada anak dengan menggunakan
benda-benda untuk melatih anak berhitung, berpikir logis dan matematis. Berikut
contoh melatih anak mengenal bilangan.
- Menghitung dengan jari
- Kartu domino
- Bemain Dadu
- Berhitung sambil bernyanyi dan olah raga
- Menghitung benda benda
- Menghitung diatas 10
- Tunjuk dan sembunyi
- Berhitung dengan kelipatan 10
- Mengenal operasi bilangan
- Mengukur panjang
- Mengukur volume
- Mengukur berat
- Mengenal waktu
- Mengenal bentuk dasar benda
- Mengenal mata uang
Contoh
langkah-langkah pembelajaran matematika
- Menghitung benda-benda
Ø
Alat dan bahan
-
Manik, biji atau permen
-
Pensil dan klip kertas atau
peniti dan kertas
Ø
Kegiatan
-
Buat lingkaran dan beri
angka 1-9 dengan 1 titik di tengah
-
Letakkan peniti atau klip
kertas di titik tengah dan tekan dengan ujung pensil
-
Ajak anak memutar peniti
dan melihat jatuh diangka berapa
-
Jika menunjuk angka 5, maka
anak mengambil manik/biji/permen sejumlah 5
-
Permainan dilanjutkan
sampai manik/biji/permen habis
Ø
Assemen
-
Ajak anak mengekspresikan
hal tersebut dan motivasi dengan pertanyaan
-
Siapa yang memperoleh biji
yang paling banyak?
-
Berapa biji yang diperoleh?
- Mengenal berat
Ø
Alat dan bahan
-
Neraca penimbang berat
badan dan neraca penimbang benda
Ø
Kegiatan
-
Guru menanyakan berat badan
kepada anak
-
Beri contoh anak untuk
menggunakan timbangan badan dan menemukan berat badannya
-
Beri kesempatan anak
menimbang berbagai benda untuk menemukan beratnya
Ø
Assemen
-
Beri kesempatan anak
bermain penjual dan pembeli
-
Beri kesempatan anak untuk
menimbang dan menggunakan uang untuk mengetahui anak seberapa jauh pemahaman
tentang hal tersebut
- Mengenal bentuk dasar/geometri
Ø
Alat dan bahan
Papan berpaku/geoboard, karet gelang
dan gambar dangun datar
Ø
Kegiatan
-
Motivasi anak dengan
pertanyaan yang membangun pemikirannya tentang geometri
-
Ajak anak untuk bermain
dengan geoboard
Ø
Assesmen
Beri
anak kertas dengan berbagai gambar bangun datar dan ajak mewarnainya. Sambil
berkeliling guru menanyakan nama-nama bangun datar yang sedang diwarnai anakSumber : PEmbelajaran untuk Anak TK oleh Drs. Slamet Suyanto
0 Response to "Bagian 3 Metodologi Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini"
Posting Komentar