Bagian 3 Metodologi Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini



KEGIATAN PENGENALAN MATEMATIKA

Menurut Piaget (1972) anak TK berada pada fase perkembangan praoperasional  menuju ke konkrit. Anak pada fase tersebut belajar dari benda nyata.  Oleh karena itu sebagai pengajar dapat mengenalkan bilangan kepada anak dengan menggunakan benda-benda untuk melatih anak berhitung, berpikir logis dan matematis. Berikut contoh melatih anak mengenal bilangan.
  1. Menghitung dengan jari
  2. Kartu domino
  3. Bemain Dadu
  4. Berhitung sambil bernyanyi dan olah raga
  5. Menghitung benda benda
  6. Menghitung diatas 10
  7. Tunjuk dan sembunyi
  8. Berhitung dengan kelipatan 10
  9. Mengenal operasi bilangan
  10. Mengukur panjang
  11. Mengukur volume
  12. Mengukur berat
  13. Mengenal waktu
  14. Mengenal bentuk dasar benda
  15. Mengenal mata uang

Contoh langkah-langkah pembelajaran matematika
  1.  Menghitung benda-benda
Ø  Alat dan bahan
-          Manik, biji atau permen
-          Pensil dan klip kertas atau peniti dan kertas
Ø  Kegiatan
-          Buat lingkaran dan beri angka 1-9 dengan 1 titik di tengah
-          Letakkan peniti atau klip kertas di titik tengah dan tekan dengan ujung pensil
-          Ajak anak memutar peniti dan melihat jatuh diangka berapa
-          Jika menunjuk angka 5, maka anak mengambil manik/biji/permen sejumlah 5
-          Permainan dilanjutkan sampai manik/biji/permen habis
Ø  Assemen
-          Ajak anak mengekspresikan hal tersebut dan motivasi dengan pertanyaan
-          Siapa yang memperoleh biji yang paling banyak?
-          Berapa biji yang diperoleh?


  1. Mengenal berat
Ø  Alat dan bahan
-          Neraca penimbang berat badan dan neraca penimbang benda
Ø  Kegiatan
-          Guru menanyakan berat badan kepada anak
-          Beri contoh anak untuk menggunakan timbangan badan dan menemukan berat badannya
-          Beri kesempatan anak menimbang berbagai benda untuk menemukan beratnya
Ø  Assemen
-          Beri kesempatan anak bermain penjual dan pembeli
-          Beri kesempatan anak untuk menimbang dan menggunakan uang untuk mengetahui anak seberapa jauh pemahaman tentang hal tersebut

  1. Mengenal bentuk dasar/geometri
Ø  Alat dan bahan
Papan berpaku/geoboard, karet gelang dan gambar dangun datar
Ø  Kegiatan
-          Motivasi anak dengan pertanyaan yang membangun pemikirannya tentang geometri
-          Ajak anak untuk bermain dengan geoboard
Ø  Assesmen
Beri anak kertas dengan berbagai gambar bangun datar dan ajak mewarnainya. Sambil berkeliling guru menanyakan nama-nama bangun datar yang sedang diwarnai anak

Sumber : PEmbelajaran untuk Anak TK oleh Drs. Slamet Suyanto

0 Response to "Bagian 3 Metodologi Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini"

Posting Komentar