Bagian 2 dari Metodologi Matematika Anak Usia Dini



  1. Rambu-rambu pengenalan matematika pada anak usia
Disetiap Negara pengenalan dan pembelajaran matematika pada anak usia TK hingga SD awal bahkan antar sekolah berbeda dalam penyampaiannya namun standard matematika untuk TK dan SD awal menurut NCTM ( National Council of Teachers of Mathematics : 1989 ) ada 13 macam yaitu sebagai berikut:
1.       Problem solving (matematika sebagai  cara pemecahan masalah )
Ø  Tiga ekor burung
Ø  Bentuk benda (geometri)
Ø  Mata uang
Ø  Problem solving bergambar
2.       Matematika sebagai cara komunikasi, banyak hal yang dapat dikomunikasikan dengan  bahasa matematika seperti waktu, jumlah, volume dan lebih banyak serta sedikit.
Ø  Keluargaku
Ø  Bermain mencari
Ø  Bermain belanja
3.       Matematika sebagai cara berpikir
4.       Hubungan matematis
5.       Estimatis (perkiraan)
6.       Mengenal bilangan dan angka
Ø  Melalui kegiatan pembiasaan
Ø  Bermain dadu
Ø  Bermain kalkulator
Ø  Digit (satuan – puluhan)
7.       Konsep keseluruhan dan sebagian
8.       Menghitung semua dan sebagian
9.       Menngenal ruang dan jarak
10.   Pengukuran
11.   Statistic dan probabilitas
12.   Pecahan dan decimal
13.   Pola dan relasi
( sumber : pembelajaran untuk anak TK oleh Drs. Slamet Riyanto )

  1. Kompetensi  Kognitif pada anak TK
Kompetensi ke-13 tersebut diatas dijabarkan dalam beberapa indicator pada kemampuan kognitif baik dalam kurikulum tahun 2004 ataupun kurikulum tahun 2010 (kurikulum berkarakter), namun pada dasarnya semua mengaju pada rambu-rambu pembelajaran matematika tersebut diatas. Silahkan ditelaah dengan telliti.

Sumber : Drs. Slamet Suyanto

0 Response to "Bagian 2 dari Metodologi Matematika Anak Usia Dini"

Posting Komentar