- Rambu-rambu pengenalan matematika pada anak usia
Disetiap Negara pengenalan dan
pembelajaran matematika pada anak usia TK hingga SD awal bahkan antar sekolah
berbeda dalam penyampaiannya namun standard matematika untuk TK dan SD awal
menurut NCTM ( National Council of
Teachers of Mathematics : 1989 ) ada 13 macam yaitu sebagai berikut:
1. Problem solving (matematika sebagai cara pemecahan masalah )
Ø
Tiga ekor burung
Ø
Bentuk benda (geometri)
Ø
Mata uang
Ø
Problem solving bergambar
2. Matematika sebagai cara komunikasi, banyak hal yang dapat
dikomunikasikan dengan bahasa matematika
seperti waktu, jumlah, volume dan lebih banyak serta sedikit.
Ø
Keluargaku
Ø
Bermain mencari
Ø
Bermain belanja
3. Matematika sebagai cara berpikir
4. Hubungan matematis
5. Estimatis (perkiraan)
6. Mengenal bilangan dan angka
Ø
Melalui kegiatan pembiasaan
Ø
Bermain dadu
Ø
Bermain kalkulator
Ø
Digit (satuan – puluhan)
7. Konsep keseluruhan dan sebagian
8. Menghitung semua dan sebagian
9. Menngenal ruang dan jarak
10. Pengukuran
11. Statistic dan probabilitas
12. Pecahan dan decimal
13. Pola dan relasi
( sumber : pembelajaran untuk anak TK
oleh Drs. Slamet Riyanto )
- Kompetensi Kognitif pada anak TK
Kompetensi ke-13 tersebut diatas dijabarkan
dalam beberapa indicator pada kemampuan kognitif baik dalam kurikulum tahun
2004 ataupun kurikulum tahun 2010 (kurikulum berkarakter), namun pada dasarnya
semua mengaju pada rambu-rambu pembelajaran matematika tersebut diatas.
Silahkan ditelaah dengan telliti.
Sumber : Drs. Slamet Suyanto
0 Response to "Bagian 2 dari Metodologi Matematika Anak Usia Dini"
Posting Komentar