Mengatasi Anak Yang Ngambek

Assalamu'alaikum

Teman-teman pernah mengalami suasana ketika anak sedang ngambek atau marah?
Saya sering banget apalagi dengan status saya ibu dengan 4 anak, namun saya suka kadang kangen melihat anak ngambek, dengan kata lain suasana ngambek itu bikin ngangenin saya (hehehe)


Menurut saya, ketika anak mengambek, saat itu saya belajar untuk menata hati dan mengendalikan diri untuk tidak terpancing untuk marah juga. Berat?....yap, awalnya amat berat dan seiring waktu saya dapat mengetahui kondisi dan cara untuk menetralkan suasana hati saya maupun anak-anak.

Berikut tips  untuk mengatasi anak yang ngambek atau marah sederhana yang saya lakukan :

1. Kenali hal yang membuat anak marah
    Kenali dengan pasti hal apa yang dapat mendatangkan rasa marah pada diri anak, apakah ia sedang merasa bosan, lapar, mengingnkan sesuatu atau sebab lainnya, Dengan mengetahui hal yang membuatnya marah maka orangtua dapat mencegah kemarahan anak.

2.  Bersikap tenang,,
Anak akan mencontoh diri Anda. Ketika teman-teman bersikap tenang saa ia marah maka anak malah akan mengimbangi ketenangan teman-teman walau mungkin butuh waktu sedikit lama. Hal ini berlaku juga bila anak marah di tempat umum karena hal bila kita memarahinya, kita memberi kesan pada anak bahwa boleh marah dimana saja, so...tetap tenang yah, gendong anak dan bawa ke tempat yang lebih tenang untuk bisa berkomunikasi

3. Tidak mudah terpancing emosi.
    Jika sebagai orangtua sangat mudah emosi, maka akan sangat mudah bagi anak untuk memancing kemarahan Anda sehingga berakhir tanpa ada penyelesaian, yang ada malah saling berteriak. Anda berterian marah kepada anak dan juga seballiknya anak marah akan sikap Anda. Maka sebaiknya sebagai orangtua, kita tetap berkepala dingin, sabar dan bersikap lembut menghadapi anak.

4, Memberi pelukan
    Berdasarkan penngalaman saya, anak akan bersikap tenang ketika kita memeluknya. Rasa nyaman yang timbul akan membuatnya lebih tenang. Setelah ia tenang maka lanjutkan komunikasi dan mengetahui sebab kemarahannya sehingga ada penyelesaian atas amarahnya.

5. Terapi terbaik adalah menahan diri
   Nah ini langkah tingkat dewa (hehehe..maap hanya istilah saja). Hal ini pun masih terus saya lakukan agar tidak menimbulkan penyesalan saya akibat saya tidak dapat menahan diri. Sikap menahan diri ini dapat menimbulkan rasa tenang dan berpikiran jernih untuk melakukan komunikasi yang menyelesaikan masalah.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Wassalam.

Wiwik Suryandarini

Certified Hypnotherapy by IBH
Certified Guru Berprestasi RA
Certified Wanna Be Trainer by Akademi Trainer
Teacher as Coach, etc
Author Oase Cinta Di Pinggiran Jakarta




0 Response to "Mengatasi Anak Yang Ngambek"

Posting Komentar