Quantum Learning

Quantum Learning
Sebagian pastinya sudah pernah mendengar dan membaca metode ini. Saya mencoba mengulang kembali dan mungkin ada yang belum mengetahuinya.
Quantum learning adalah kiat, petunjuk, strategic dan seluruh prose's belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat Serta membuat belajaar sebagai suatu prose's yang menyenangkan dan bermanfaat dengan sugesti yang dilakukan.
Ada beberapa langkah, diantaranya :
1. Pemberian sikap positif pada kegiatan pembelajaran
2. Pemaksimalan kekuatan pikiran dalam pembelajaran
3. Kekuatan pemberian motivasi pada pembelajaran
4. Penataan nyaman pada lingkungan pembelajaran
5. Konsolidasi dalam kegiatan pembelajaran
6. Memupuk sikap juara dalam pembelajaran
Kegiatan pembelajaran quantum learning ini sebenarnya telah dilakukan guru anak usia dini, salah satunya adalah kegiatan bernyanyi yang isinya meningkatkan keinginan anak belajar atau bermain tepuk sebelum kegiatan.
1) Pemberian sikap positif dalam pembelajaran adalah perilaku yang ditumbuhkan atau ditimbulkan oleh sugesti positif yang diberikan guru kepada anak. Karena berangkat dari sikap positif anak akan merasa dihargai keberadaannya dan merasa dianggap penting oleh lingkungan sosialnya.


Menurut DePorter dan Hernacki, dalam metode ini, lingkungan (Sekolah) telah dipersiapkan untuk membuat anak didik nyaman dan aman. Hal ini sesuai dengan pedoman penerapan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dalam pendidikan anak usia dini dimana proses pembelajarannya meliputi kegiatan :
> penataan lingkungan
> penyambutan anak
> jurnal pagi
> transisi kegiatan
> kegiatan inti
> makan bersama
> kegiatan penutup
Dalam pendidikan Islam, pemberian sikap positif dalam pembelajaran merupakan aspek penting dalam membentuk kepribadian anak, sesuai firman Allah dalam Surat Al Imran : 159 :
"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi bersikap kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu..."
Semoga kita dapat menjadi guru yang selalu menanamkan sikap positif kepada anak didik karena merupakan faktor penting untuk merangsang fungsi otak yang paling efektif

Wiwik Suryandarini
Guru dan Penulis Buku "Be An Inspiring Teacher"


0 Response to "Quantum Learning"

Posting Komentar