Jurnal Pagi PAUD

Suka ada pertanyaan, "Bu, jurnal pagi itu seperti apa yah?"

Bagi saya,  jurnal pagi, materi pagi adalah kegiatan sebelum dimulainya pembelajaran di dalam kelas.

Lalu muncul kembali pertanyaan, "Bu, ini dipakai untuk metode sentra saja yah?"

Bagi saya, kegiatan jurnal pagi dan materi pagi dapat dilakukan oleh sekolah yang menggunakan pembelaaran pendekatan metode sentra, area dan kelompok

Bagaimana caranya?
Setelah guru menyambut kedatangan anak dan anak menyimpan perlengkapan sekolahnya, maka anak mengambil kertas kosong dan alat tulis yang telah disediakn. Anak menuangkan isi pikiran dan perasaannya hari itu melalui coretan, gambar atau tulisan yang hendak ia ekspresikan melalui kertas tersebut.

Kegiatan ini memberikan ruang pada anak untuk mengekspresikan dirinya dan guru dapat melihat perkembangan anak dari hari ke hari melalui coretan, gambar atau tulisan tersebut. Jika menemui anak yang tidak melakukan jurnal pagi, ia dapat diarahkan ke ruang baca atau dipersilahkan bermain motorik kasar terlebih dahulu. Setelah dilihat anak tersebut telah nyaman di sekolah, guru dapat menawarkan kembali untuk mengerjakan kegiatan jurnal pagi.

Di sekolah saya, jurnal pagi ini kami isi dengan hal tersebut di atas ditambah pengenalan huruf dan membaca iqro di hari jum'at.



Banyak manfaat dalam kegiatan ini dan salah satunya adalah guru dapat melihat kesiapan anak untuk kegiatan belajar di hari tersebut.

Semoga bermanfaat

Wiwik Suryandarini


#jurnalpagi
#raudhatulathfal

0 Response to "Jurnal Pagi PAUD"

Posting Komentar