Kepala Sekolah sebagai Pendidik

Seperti diketahui bahwa kepala sekolah adalah seorang guru yang diberi tugas tambahan untuk mengelola administrasi sekolah dan memiliki visi yang memberi dampak perkembangan di sekolah.
Untuk yang pertama, kita akan membahas Kepala Sekolah sebagai Pendidik.
Kepala sekolah memiliki kewajiban mengajar selama 6 jam tatap muka atau sering disingkat JTM. Sebagai pendidik, kepala sekolah mengajar di kelas, memberikan bimbingan kepada siswa, memberikan bimbingan kepada teman sesama pengajar, memberikan bimbingan kepada staf, melakukan inovasi pengajaran, menngetahui ilmu pengetahuan dan teknolgi serta menguasai metode pengajaran.
Apakah kepala sekolah membuat RPPH atau lesson plan harian sebelum mengajar?
Jawabannya, tentu saja membuat RPPH karena rangkaian kegiatan yang akan diajarkan ada dalam RPPH tersebut dan bisa hal ini bisa didiskusikan dengan guru atau wali kelas kelompok di sekolah.

Hasil gambar untuk gambar kartun muslimah mengajar

Jika di sekolah, biasanya guru sudah membuat RPPH selama 1 minggu, hal tersebut memudahkan saya ketika menngajar tentunya. Saat ini saya dipercaya sebagai kepala sekolah,secara garis besar tentu sudah mengetahui kegiatan yanng akan dikerjakan selama satu semester, maka saya tinggal mempersiapkan media dan metode yang akan dipakai.
Sebagai kepala sekolah harus selangkah lebih maju dari guru-guru di tempat mengajar, misalnya ketika guru sudah dapat menghapal surat Al Lail maka kepala sekolah harus sudah dapat menghapal Asy Syams. Guru dapat menghapal 5 hadist, maka kepala sekolah dapat menghapal 6 atau 7 hadist. Guru dapat menguasai 4 metode pengajaran, maka kepala sekolah harus lebih dari 4 metode.

Membimbing dan mengembangkan staf, melakukan inovasi pengajaran dan mengetahui IPTEK agar kepala sekolah dapat mengetahui perkembangan sekolah dan perkembangan zaman, jangan sampai kepala sekolah tidak mengetahui pasword atau pekerjaan staf operator sekolah karena jika mereka sakit otomatis, kepala sekolahlah yang mengerjakannya.

Berikut adalah contoh RKH  tahun 2015 lalu saat saya mengajar.

Semoga bermanfaat yah, silahkan tinggalkan komentar sehingga kita dapat saling berdiskusi agar lebih kaya lagi khasanah pengetahuan kita di pendidikan anak usia dini.


Tulisan ini adalah rangkaian sebelum pelatihan kepala sekolah yang insyaa Allah akan diadakan, mohon doa agar dapat terlaksana dengan biaya terjangkau oleh teman-teman yah.


Salam Literasi

Wiwik Suryandarini
081290744451

0 Response to "Kepala Sekolah sebagai Pendidik"

Posting Komentar