Melatih Berpikir Pada Anak Usia Dini

Orang tua tentunya senang memiliki anak yang pintar dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Memiliki anak yang saya sebut cerdas ini bukanlah tanpa proses atau boleh dibilang "ujuk-ujuk" cerdas.


Proses perkembangan anak inilah yang harus kita dampingi agar mereka terlatih berpikir secara cerdas dalam menghadapi masalah yang dihadapinya. Ada anak yang memiliki proses perkembangannya cepat dan ada pula yang lamban namun tetaplah berbangga hati pada anak yang mampu melewati proses menuju kecerdasannya. Mengapa?...karena ketika mereka dewasa, mereka tidak akan menjadi oranng dewasa yanng cengeng dan hanya mengandalkan orangtua atau belas kasihan saudara maupun orang lain untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Seperti diketahui, anak usia dini memiliki keingintahuan yang sangat besar, mereka akan selalu bertanya, "Ibu,ini benda apa?", "Ayah, ini untuk apa?" dan lain sebagainya. Optimalkan masa keingintahuan mereka dengan membuka cara pandang mereka pada suatu benda.

Bagaimana mengoptimalkan kecerdasan anak?

LATIHLAH ANAK BERPIKIR


Hasil gambar untuk gambar anak bertanya

Bagaimana melatih anak berpikir?

Ada beberapa pendapat tentang cara melatih berpikir dan pakailah cara tersebut sesuai kondisi anak pada saat itu. Cara melatih berpikir yang saya pakai di antaranya adalah:

1. Membangun kedekatan terlebih dahulu pada anak, kita tanyakan tentang kegiatannya di sekolah atau kegiatan lain yang sedang disukainya
2. Memulai dengan pertanyaan yang amat sederhana, contoh : dengan siapa ia bermain
3. Setelah anak menjawab, kita memulai pertanyaan-pertanyaan kembali
4. Gunakan beberapa metode dalam bertanya sebut saja multi metode, bisa bertanya sambil bernyanyi, bertanya sambil praktek bermain dan sebagainya
5. Gunakan waktu yang benar-benar adalah waktu anda dan anak

Dalam melatih berpikir ini, teman-teman bisa tentukan wacana atau tema yang mau diangkat atau dibicarakan pada anak, agar lebih terfokus lagi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam

Wiwik Suryandarini
081290744451

Gambar diambil dari Google (akhlakmuslim.com)

0 Response to "Melatih Berpikir Pada Anak Usia Dini"

Posting Komentar