Dalam menghadapi perubahan-perubahan kurikulum, sebagai kepala sekolah memiliki kewajiban untuk membina rekan-rekan gurunya di sekolah.Dengan demikian terkandung makna bahwa kepala sekolah harus betul-betul menguasai tentang kurikulum sekolah. Mustahil seorang kepala sekolah dapat memberikan saran dan bimbingan kepada guru, sementara dia sendiri tidak menguasainya dengan baik.
Disinilah peran Kepala sekolah sebagai supervisor dibutuhkan. Kepala sekolah sebagai supervisor dimaksudkan untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap guru-guru dan personel lain untuk meningkatkan kinerja mereka. Kepala sekolah sebagai supervisor bertugas mengatur seluruh aspek kurikulum yang berlaku di sekolah agar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan target yang telah ditentukan. Aspek-aspek kurikulum yang harus dikuasai oleh kepala sekolah sebagai supervisor adalah materi pelajaran, proses belajar mengajar, evaluasi kurikulum, pengelolaan kurikulum, dan pengembangan kurikulum.
Mensupervisi guru buka berarti selalu mmberi kesan buruk terhadap guru, namun untuk memberi motivasi guru agar bisa meningkatkan kinerja layanan pendidikan terhadap anak dan melakukan koordinasi layanan anak dengan orangtua mereka.
Berikut hal-hal yang dapat diperhatikan kepala sekolah saat mensupervisi
1. Bersifat konsultati
2. berpusat pada tenaga pendidik
3. diakukan secara demokrasi dan tidak pilih kasih
4. merupakan bantuan profesional dalam meningkatkan kinerja guru
5. dilakukan berdasarkan kebutuhan sekolah dan kebutuhan guru
Semoga bermanfaat
Wiwik Suryandarini
0812990744451
Gambar diambil dari layanan google
Lebih lengkap tentang supervisi dapat membaca buku E.Mulyasa
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Response to "Kepala Sekolah Sebadai Supervisor"
Posting Komentar