ILMU KOMUNIKASI BAGI GURU

Komunikasi sering kita dengar ataupun kita ucapkan disetiap kegiatan kita. Komunikasi yang baik maka tujuan dari komunikasi itu pun dapat terwujud. Namun bagaiman bila terjadi mis-komunikasi? (miscommunication). Yap, pastilah akan timbul kesalahpahaman. Bahkan bisa terjadi permusuhan yang mungkin berakhir dengan kejadian yang tidak diinginkan.
Dilihat dari hal tersebut diatas, maka penting bagi seorang guru memiliki kemampuan ilmu komunikasi yang kegunaannya untuk bisa menyampaikan tujuan pembelajaran pada anak.
Coba teman-teman bandingkan ketika melihat guru yang pandai berkomunikasi dengan orangtua, dia akan bertutur kata dengan baik, memiliki attitude, disenangi orangtua dan pastinya murid-murid selalu menunggu kehadirannya. Lalu disisi lain ada guru yang hanya jual image berwibawa tetapi ketika ada perbincangan dengan orangtua, guru tersebut tidak mendapat respek dan menemui kendala untuk menyampaikan tujuan pembicaraannya.
Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan bila ingin mempunyai komunikasi interpersonal yang baik, yaitu:
a. Makna dari komunikasi
b. Membangun kepercayaan
c. Memiliki sikap sportif
d. Sikap terbuka

Hubungan interpersonal perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan dengan memperbaiki hubungan dan kerjasama anatara berbagai pihak, tidak terkecuali di lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat unsur pendidik, peserta didik dan lembaga pengelola.

Semoga tulisan in bermanfaat bagi rekan guru semua, salam cerdas mulia.



wiwik suryandarini
follow me at @wiwik_wsurya74
  

0 Response to "ILMU KOMUNIKASI BAGI GURU"

Posting Komentar