Pembelajaran Sentra Bahan Alam

Disini saya hanya ingin sharing tentang Sentra Bahan Alam, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.
Sesuai nama sentranya Bahan Alam maka yang berada disini adalah semua benda yang berasal dari alam, contohnya : air, biji-bijian, berbagai jenis macam batu, dan sebagainya.
Apa aja yah yang diajarkan di sentra Bahan Alam ini ?
Sentra bahan alam mengajarkan kepada anak tentang berbagai macam sains. Dan pengenalan sains untuk anak usia dini lebih ditekankan pada proses daripada produk. Proses sains dikenal dengan metode ilmiah yang secara garis besar meliputi :
1. Observasi
2. Menemukan masalah
3. Melakukan percobaan
4. Menganalisa data
5. Mengambil kesimpulan



Mengapa sentra bahan alam ini lebih diutamakan ketika setiap sekolah hendak membuka sentra? Karena pada sentra ini anak melakukan percobaannya sendiri sehingga yang terjadi pada anak adalah :
a. memungkinkan anak melakukan eksplorasi
b. memungkinkan anak mengkonstruksi pengetahuannya sendiri
c. memungkinkan anak menjawab persoalan "apa" daripada "mengapa"
d. proses yang lebih diutamakan
e. memungkinkan anak menggunakan bahasa dan logika matematikanya

Jadi setiap anak bilamana sedang berada di sentra bahan alam ini mereka bukan diajarkan menulis ataupun membaca tetapi lebih diutamakan menjalani proses pembelajaran mereka seperti belajar mengetahui konservasi volume, benda yang terapung dan tidak terapung, benda yang larut dan tidak larut, masih banyak lagi hal-hal yang dapat digali anak pada sentra ini.

Agar anak terus berkembang pengetahuannya, sebagai guru pun kita harus berkembang. Berlatihlah untuk membaca buku setiap hari dan itu akan menambah pembendaharaan kata dan ilmu yang bisa diterapkan saat kita mengajar di kelas.

Selamat beraktivitas
Jadilah guru yang menjadi teladan baik bagi anak yang akan mengantarkan kita termasuk orang-orang yang dicintai Allah. amin

Sumber : Pribadi dan Buku pembelajara untuk anak tk by Dra. Slamet Suyanto

Follow me at www.trainerlaris.com dan twitter @wiwik_wsurya74

0 Response to "Pembelajaran Sentra Bahan Alam"

Posting Komentar