Metode NO LOSE

Metode ini saya dapatkan saat menjadi peserta Komunikasi Pengasuhan Anak (KPA) dari salah satu trainer Komunitas cinta keluarga Bunda Rani.
Metode ini mejadi salah satu metode yang dapat kita terapkan saat kita menerapkan komunikasi yang baik untuk ananda.
Metode NO LOSE ini terdiri dari 6 langkah yaitu sebagai berikut :
1. Pemisahan Masalah, disini sebagai orangtua kita harus dapat memisahkan mana yang menjadi masalah anak dan mana yang menjadi bagian masalah orangtua. Misalnya anak balita kita memperebutkan sesuatu maka jangan kita membela lebih dahulu salah satu anak (masalah anak) tetapi diamkan saja sambil kita lihat seberapa jauh mereka memperebutkannya. Jika sudah agak membahayakan salah satu anak barulah kita memisahkannya (masalah orangtua)



2. Tentukan penanggung jawab masalah, dalam hal ini kita mengambil kesepakatan dengan anak secara diskusi, anak kita ajarkan untuk bertanggungjawab pada hal-hal yang telah disepakati bersama lalu membuat kesepakatan juga bila hal-hal tersebut dilanggar.

3. Pelajari Kemungkinan, dilihat segala kemungkinan yang dapat kita terapkan dalam pengasuhan terhadap anak baik di rumah maupun di luar rumah

4. Pilih yang masuk akal, perumpamaan pemilihan disini adalah seandainya ananda yang sudah kelas 2 SMP meminta hp, dilihat skala prioritas kegunaan hp untuk dia. Dan bila jawaban tersebut ada yang dapat kita alihkan untuk tidak beli hp misal ke wartel atau ke telpon umum, maka hal tersebut lebih baik.

5. Mengerahkan segala cara untuk di implementasikan, setelah anak memutuskan solusi yang akan diambil maka ayah dan bunda perlu mengkondisikan segala hal supaya solusi itu bisa diimplemtasikan.

6. Melakukan evaluasi , setelah solusi diimplementasikan, berikan batas waktu untuk evaluasi.

Yuk. kita mulai berbenah diri agar pola asuh kita jauh lebih baik dari sebelumnya.
Untuk bunda rani, trims banyak udah kasih saya pencerahan tentang pola asuh terhadap anak sendiri maupun anak didik saya.

0 Response to "Metode NO LOSE"

Posting Komentar