5 Kiat Mendidik Anak


Hasil gambar untuk gambar pendidikan seks pada anak
(gambar : google)

Alhamdulillah, sekarang telah banyak lembaga yang menyelenggarakan pendidikan pra nikah dan pendidikan bagi calon ayah dan bunda. Bakal menjadi sepasang suami istri ataupun bakal menjadi ayah dan bunda, pastinya banyak yang mengidam-idamkan karena tidak semua orang dapat merasakannya saat ini. Mungkin enam bulan lagi, satu tahun lagi atau beberapa tahun lagi. Oleh karena itu, syukuri dan nikmati prosesnya.

Pekerjaan menjadi orang tua memang tidak membutuhkan gelar sarjana, namun sebagai orang tua, kita tetap harus belajar dan mencari ilmu pengetahuan yang banyak agar mengetahui cara mendidik anak.

Ada beberapa kiat yang ingin saya sharing di sini, Selain berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa yang saya dapatkan juga dari berbagai sumber ketika saya menjadi peserta seminat ataupun membaca buku :


  1. Menghadirkan diri dalam kegiatan yang sedang dilakukannya. Jika kita sedang bersama anak dan menemani mereka bermain, upayakan tubuh dan hati kita ada untuknya. Ketulusan dalam menemani mereka akan memiliki magnet luar biasa bagi perkembangannya.
  2. Mengenalkan pendidikan agama sejak dini. Saya mempercayai dengan sangat yakin bahwa pendidikan agama wajib dikenalkan mulai dari anak dalam masa kandungan terlebih lagi menginjak usia prasekolah. Dengan mengenalkan agama kepada anak sejak dini maka anak akan memiliki benteng pertahanan yang kokoh dalam masa perkembangan dan pertumbuhannya. Ada rambu-rambu yang mengingatkan dirinya ketika ia melakukan kesalahan. 
  3. Melakukan interaksi dan komunikasi pada anak. Interaksi dan komunikasi antara orang tua dan anak dibutuhkan sekali dalam menjalin kebersamaan "hati" sehingga ada keterpautan di antara keduanya. Saya pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan karena salah satu anak saya berkata, "Mama, kapan ada waktu ngobrol dengan aku?". Jleb...jleb banget. Dari peristiwa ini saya sadar bahwa bukan hanya saya saja yang butuh mereka tetapi mereka juga membutuhkan saya. Alhamdulillah, sekarang malah lebih banyak ngobrolnya...hehehe
  4. Mengenalkan dan mengkomunikasi visi keluarga. Setiap rumah tangga pastinya memiliki visi yang baik bagi keluarga walau terkadang tidak sejalan dalam penerapannya kepada anak. Dan disinilah keunikan pasangan untuk saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebaiknya ayah dan bunda selain membuat visi yang jelas bagi keluarga juga menyepakati cara penerapannya agar tidak salah paham. Setelah itu baru mengkomunikasikannya kepada anak. Misanya saat ini visi keluarga kami adalah dapat menghapal al qur'an. Untuk setiap anak di target dan disesuaikan dengan usia mereka.
  5. Mengenalkan "Kami adalah Mereka dan Mereka adalah Kami".  Dengan mengenalkan konsekuensi setiap prilaku yang anak lakukan maka mereka akan menyadari bahwa prilaku mereka dapat membawa dampak yang baik atau dampak yang buruk bagi orang tua. Kami pun pernah mengalami hal tidak menyenangkan ketika anak ke dua kami, mulai mengenal rokok dan hal tersebut menjadi cambuk bagi suami saya yang saat itu merokok juga. Alhamdulillah, Allah selalu melindungi dan membimbing kami sehingga permasalahn ini selesai dan menyadarkan anak kami.

Semoga sharing ini dapat bermanfaat dan tulisan ini hadir untuk bisa saling berdiskusi agar kita dapat menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak. Tidak harus menunggu sempurna untuk menjadi orang tua yang baik namun teruslah berusaha dan belajar menjadi orang tua.



Ingin mengundang sebagai nara sumber dan berdiskusi bisa berlanjut di wa 081290744451.

Potential Development Teacher
@wiwik_wsurya74

0 Response to "5 Kiat Mendidik Anak "

Posting Komentar