Untuk melihat pencapaian pembelajaran di RA/TK/PAUD, maka diberikan penilaian pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak. Penilaian pencapaian pembelajaran yang diambil dari indikator-indikator pengembangan kemampuan dasar anak tersebut memiliki prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut :
1. Sistematis
Penilaian harus dilakukan secara sistematis, artinya kegiatan
penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram, sesuai dengan rencana yang
telah di susun, kebutuhan nyata yang ada dilapangan, dan atau karakteristik
penggunaan instrumen yang akan digunakan. Sebagai contoh ketika mengenalkan cara melipat pada anak maka penilaian yang harus dipersiapkan adalah penilaian unjuk kerja
2. Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek perkembangan anak yang meliputi :
nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional.
Disamping aspek yang dinilai, sesuai tingkat dan kedalamannya, kegiatan
penilaian juga dapat menggali data dari berbagai sumber yang relevan dengan
aspek yang dinilai.
Ketika dalam penilaian unjuk kerja terdapat juga aspek bahasa seperti mengungkapkan bahasa, kognitif seperti berapa lipatan yangdikerjakan, dsb
3. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus
untuk memperoleh gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
4. Objektif
Proses dan hasil-hasil penilaian dilakukan sesuai dengan kondisi
anak yang sebenarnya dan semata-mata untuk kepentingan pertumbuhan dan
perkembangan anak. Oleh karena hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan
pertumbuhan dan perkembangan anak tidak menjadi bagian dari pertimbangan dalam
penilaian.
5. Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk
memotivasi, mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara
optimal.
Guru sebagai fasilitator juga merangkap motivator anak agar lebih memberanikan diri menunjukkan kemampuannya.
6. Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi peserta
didik, orang tua, guru dan pihak lain yang relevan. Kebermaknaan ini maksudnya adalah semua pihak dapat mengetahui seberapa persentase perkembangan anak dalam memahami dan menyelesaikan tugas yang diberikan. Bila anak hanya mengetahui lipatan 2 maka guru wajib mengutarakannya kepada orang tua sehingga kesinambungan pembelajaran dapat dipahami orang tua.
Semoga Bermanfaat
Wiwik Suryandarini
Pendidik dan Trainer
Follow me at @wiwik_wsurya74
Sumber : Kurikulum PAUD
0 Response to "Prinsip Penilaian RA/TK/PAUD"
Posting Komentar