Tips menghadapi anak keras kepala



Setiap orang tua pasti sangat menginginkan anak mereka menjadi anak yang soleh serta taat kepada perinta dan larangan orang tua. Namun pada kenyataannya yang terjadi adalah menghadapi anak yang keras kepala dan tidak sedikit orang tua yang mengeluh atas sikap tersebut.

Mendidik  anak  memang bukanlah perkara yang mudah. Bila anak yang keras kepala diperlakukan dengan sikap keras kita karena merasa sebagai orang yang lebih tua, maka ia pun akan menjadi penentang yang handal.

Meskipun perkara mendidik anak bukan hal yang mudah, akan tetapi sebagai orang tua  tentulah anda tidak boleh menyerah dengan situasi tersebut dan membiarkan segalanya berjalan seolah biasa saja. Sangat dibutuhkan kesabaran dan keuletan yang tinggi untuk mendidik anak yang keras kepala ini.

Ada beberapa tips yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut
  1. Meluangkan waktu untuk mendengarkan keinginannya
  2. Berkomunikasi dua arah atau berdiskusi tentang hal yang baik ataupun hal yang buruk  atas akibat pilihannya
  3. Berlaku seimbang, yaitu tidak terlalu memanjakannya ataupun bersikap terlalu keras padanya
  4. Gunakan bahasa cinta antara orang tua dan anak dan pilihlah kata-kata yang mudah dimengerti olehnya
  5. Bersikap konsisten di hadapan anak
  6. Usahakan semampu mungkin menghindari adu mulut atau bertengkar dihadapan anak dengan pasangan, karena hal ini dapat ditiru olehnya
  7. Berikan penghargaan atas upayanya melakukan setiap kebaikan yang dilakukannya dan berikan hukuman atas kesalahan yang dibuatnya agar anak mengetahui setiap tindakan ada akibatnya

Dengan  berusaha, bersabar dan menjadi teman diskusi bagi dirinya sehingga terjalin komunikasi cinta yang dapat menjadi solusi bagi orang tua dalam menghadapi anak yang keras kepala. 


sumber : berbagai nara sumber baik buku maupun blog.

0 Response to "Tips menghadapi anak keras kepala"

Posting Komentar