A. Hakikat AUD Berdasarkan UU No. 20 thn 2003 ttg Sisdiknas berkaitan dengan PAUD tertulis pada pasal 28 ayat 1 yang berbunyi : PAUD diselenggarakan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun dan bukan merupakan prasyarat untuk mengikuti pendidikan dasar. Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Upaya paud tidak hanya dari pendidikan saja tetapi termasuk upaya pemberian gizi dan kesehatan anak sehingga pelaksanaan PAUD dilakukan secara terpadu dan komperhensif. Beberapa masa perkembangan pada AUD : masa peka, masa egosentris, masa meniru, masa berkelompok, masa bereksplorasi dan masa pembangkangan. Anak pada hakikatnya adalah manusia atau makhluk individu yang memiliki pola perkembangan tertentu dan kebutuhan yang berbeda dengan manusia dewasa. B. Orientasi Pembelajaran AUD 1. Mengembangkan potensi dan kemampuan dasar anak 2. Mengembangkan sikap dan minat belajar 3. Membangun dasar kepribadian yang positif “ORIENTASI BELAJAR ANAK USIA DINI BUKAN SEMATA MENGEJAR PRESTASI AKADEMIK, NAMUN LEBIH PADA PENGEMBANGAN DIRI ANAK YANG MEMILIKI PRIBADI POSITIF MENGANDUNG NILAI INVESTASI YANG JAUH LEBIH BERHARGA DARI PADA NILAI AKADEMIK” Model Pembelajaran AUD menurut Dra Yuliani Nurani S, M.Pd 1.Model Pengasuhan Bersama pada usia lahir – 2 tahun 2.Model Bermain Kreatif pada usia 3-4 tahun 3.Model Pembelajaran Berdasarkan Minat pada usia 4-6 tahun 4.Model PAKEM pada usia SD 6-8 tahun Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter anak dapat memfasilitasi perkembangan berbagai potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif pada anak, Beberapa prinsip metode pembelajaran AUD 1. Berpusat pada anak 2. Partisipasi aktif 3. Bersifat holistic dan integrative 4. Fleksibel
0 Response to "Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini"
Posting Komentar