Ketika anak terlambat bicara

Siapa yang tak miris hati seorang ibu bila melihat anaknya tak dapat bicara?...
Pada saat anak seusianya berceloteh dan bernyanyi dengan riang, tetapi ia hanya bisa menatap dan seolah ingin sekali meniru gaya temannya namun ia tak mampu melakukannya.
Namun sebagai makhluk Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang, janganlah berputus asa karena setiap ada kemauan untuk berubah pastilah Allah menunjukkan jalan-Nya.
Sebenarnya ada beberapa tahapan anak mulai mengenali komunikasi, berikut tahapan yang dapat saya sampaikan berdasarkan buku-buku yang pernah saya baca:

  1. Tahapan ketika dalam kandungan: tahapan dalam kandungan seorang ibu adalah tahapan awal anak mulai dapat berkomunikasi dengan sang bunda, karena hal itulah diharapkan bunda memberikan awal komunikasi yang baik pada sang bayi dengan mendengarkan pembicaraan yang baik, bacaaan al-qur'an/hadist, membacakan buku cerita/buku pengetahuan, mendengarkan musik yang meransang perkembangan otak dan motoriknya
  2. Tahapan ketika keluar dari rahim ibu: tahapan ini adalah saat bayi menangis ketika ibu melahirkannya dan biasanya bidan akan memberikan tepukan sayang bila ia belum menangis, disaat inilah bisa dideteksi apa yang terlambat, kemampuan motorikkah yang membuat anak terlambat bicara atau kemampuan yang lain 
  3. Tahapan 0-12 bulan: bayi akan mengulang suara yang sama, tersenyum bila diajak berbicara, mengenali suara orang yang disekitarnya, merespon bila diajak berbicara, mulai berbicara dengan tujuan, ekspresif, mengerti perintah sederhana 
Bila ternyata anak mengalami fase berbicara yang tidak sesuai dengan tahapan seusianya, orangtua harus segera bertindak, yang pertama dilakukan adalah mengetahui penyebab dari keterlambatan tersebut. Hal ini berguna untuk mengetahui penanganan dan terapi yang tepat untuk diterapkan kepada anak.
Sedangkan dari segi agama saya menyarankan kepada orangtua untuk lebih sering melafazkan asmaul husna Al-Bayyan  yaitu kemampuan berbicara dengan jelas, kemampuan memahami suatu percakapan dan kemampuan berkomunikasi.Tengadahkanlah tangan kita tinggi untuk berdoa bermohon pada Allah swt : "Ya Allah kami bertaubat kepada Mu atas segala dosa kami, anak kami belum bisa berbicara. Engkaulah yang mengajari manusia berbicara, karunikanlah Al-Bayyan kepada anak kami. Kami mohon pada Mu Ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah. Kabulkanlah do'a kami.amiin".

Nah..bunda dan ayah, jangan berputus asa yah...semoga ini dapat bermanfaat.

    0 Response to "Ketika anak terlambat bicara"

    Posting Komentar